Thursday, July 27, 2006

Meyikapi Anak Yang Malas Makan

Opss. Habis blogwalking nih. Terus singgah di blognya jeremy . Lagi males makan ya nak. Tuh mama kamu binyun sampe mau bawa ke dsa dan kasi vit./multivitamin lagi. Berikut ini ada tips atau masukan dari saya buat mengatasi anak malas makan, kiranya berguna ya.
Sorry..bila speechless ya...
Anak seusia 6 - 12 bulan atau lebih, cendrung susah makan. Kenapa, karena mereka semenjak diperkenalkan dengan PASI (Makanan pendamping ASI) rasa ingin tahu akan citra makanan telah berkembang dilidah mereka seiring dengan pertumbuhannya.
IDAI menyarankan anak harus diberi ASI Eksklusif sampai 6 bln. It's meant antara umur 0-6 bln jgn diberi makanan tambahan, selain ASI. Hal ini akan berpengaruh kedepannya keproses pencernaan dan buang air. (Daku bisa ngomong begini, karena anakku yg pertama, ASI sampai 4 bln, terus dikasi makanan tambahan dan anakku yg kedua ASi Eksklusif dan sampai sekarang masih ASI).
Berdasarkan pengalaman anakku yg pertama nih, dia susah sekali makannya mulai umur 8 bulan. Terkadang aku sampai mau nangis memberi dia makan. Dan untung sekali kami (aku dan suami) ikut milis sehat dibawah naungan dok.wati. Dan pernah mengadakan Seminar PESAT di batam. (kami termasuk salah satu anggota pesertanya).
Jangan pernah memarahi sang anak, membentak bahkan memaksa dia utk mau makan. Kenapa? sianak nantinya akan trauma dan malah makin malas utk mknnya. Coba ganti menu makannya. Variasikan pola masaknya. Biasanya diberi nasi, coba ganti dengan noodles/mie atau sphagetti atau roti. Kita sering salah mempresepsikan pola makan anak dengan tidak mau makan nasi berarti malas makan, salah besar.
Misalnya nih, dikutip menu makanan anakku : (dulu -Brigitta- umur 6-9 bln)
Pagi (6.30) : bubur tim/bubur kacang ijo/bubur ayam/roti bubur
8:00 : susu
9:30 : juice pisang
10:30 : susu
12:00: biskuit
13:30: susu
15:00: juice jeruk/alpokat (buah kesukaan)
17:00: biskuit/roti bubur
18:30: susu
20:00: susu menjelang tidur (pemberiannya jarang, tergantung permintaan)
dan menu diatas sering aku ganti, walau tetap susah makannya, tpi aku terus berusaha utk memberi dia makanan tidak hanya dengan nasi (kuncinya kesabaran). Pernah juga terlintas benak ku dengan menganti pola makannya sambil bermain atau menganti piring makanannya dengan corak kartun atau boneka kesayangannya atau binatang favoritenya. Alhasil mau. Dan ini harus bervariasi.
Nah, menjelang usia 9-12 bln, si kakak pola makanan ada perubahan, yg mana tadinya pagi saja dpt mknan padat jadi ditambah sorenya juga. Dan setelah 12 bulan keatas, jadi 3 kali sehari makan makanan padat. (aku ikut pola ini dari KMS-kartu immunisasi anak).
Usia 9-12 bln, pagi sore sdh mkn makanan semi padat, artinya buburnya tdk sehalus dulu (sewkt 6-9bln), hal ini kulakukan utk melatih otot rahang dan giginya utk mengunyah. Tapi masih dikategorikan bubur. Usia 12-24 bln, sdh makan 3x sehari. Tetap kami beri buah 2x sehari, baik dalam btk bubur buah ataupun juice.Nah setelah dia berusia 2 thn, nasinya sdh sama spt orang dewasa, lauknya juga tpi pengenalan akan bumbu dan citra rasa masakan utk org dewasa sesekali sdh kami coba.
Trik ini sdh aku siasati pada saat lahirnya anak kami yg kedua. But anak kami yg kedua ini jauh berbeda dgn kk-nya. Sampai saat ini, TK"S GOD, tdk susah makannya. Dan dia mendapatkan asi eksklusif. Setelah kembali bekerja, asi aku peras. Dan Setelah berumur 10 bln dia mulai aku kenalkan dgn susu formula, tapi itu diberi selagi aku kerja karena asi perahanku sdh tidak mencukupi lagi. Dan sepulang kerja kembali keasi, makanya aku sekarang endut..nih..(he3x..).
Buat Mama jeremy, bila jeremynya tdk mau makan, coba cari makanan penganti dan cari trik utk memberi dia makan dan kita hrs sabar mba.
Bila anak susah makan tidak perlu dibawa kedsa atau beri multivitamin. Pemberian buah dlm btk bubur buah ato juice sdh mencukupi kebutuhan vit. anak. Pemberian multivitamin/vitamin, akan memperberat kerja ginjal anak kita, why, coz vit. prosentasinya dibthkan sangat kecil dlm tubuh bila dibandingkan dengan protein, dan bila tdk dibutuhkan akan terbuang, percuma kan. Dan ini akan memberi pekerjaan tambahan saja kepada ginjal.
Jangan pernah tergoda dgn iklan yg menyatakan ada obat penambah napsu makan anak atau ada susu utk penambah napsu makan anak. Percayalah. Seiring dgn waktu dan kesabaran kita menyikapinya semua akan teratasi.
Bila sampai batas tertentu anak tetap susah diberi makan, sdh dicoba berbagai cara dan beberapa trik, tetap juga tdk berhasil. Maka coba ambil langkah berikut ini :
  • perhatikan tumbuh kembang anak. rajin2lah memberi plot di kms anak (jgn lupa jadwal immunisasinya juga ya..)
  • pantau terus motorik kasar dan halusnya, sesuaikan dgn KMS (anak yg bagus perkembangan kedua motoriknya adalah anak yg diberi rangsangan semenjak berumur 2 minggu dalam kandungan ibunya hingga dia berusia 5thn, ini adalah top-golden growth utk otak seorang anak).
  • perhatikan, apakah berat badan (bb) anak keluar dari grafik pertumbuhan atao tidak
  • tiap anak berbeda pertumbuhannya (jangan pernah membandingkan anak kita dgn anak yg lainnya)
  • anak gemuk tidak selalu dikategorikan anak sehat dan sebaliknya, anak kurus tidak selalu dikategorikan anak kurang sehat. (dasarnya plot tdi , dari KMS).
  • bila bb anak diluar jalur, coba tes urin (ISK = infeksi saluran kencing/kemih, maap aku lupa nih..?) hal ini sering terjadi pada anak (syukurnya kedua putri kami tdk mengalaminya)
  • dari ISK minta kultur jaringan dan hasilnya kelihatan anak menderita sesuatu kelainan ato tidak.

Dan perlu diingat nih, nasi bukanlah satu2nya makanan padat yg harus diberikan kepada anak.

Ingatlah : Anak adalah Amanah dariNYA.

****Dan saya dengan senang hati akan membantu (semampu saya) bila ada para moms yang lainnya menanyakan ttg dunia anak dan ibu. Atau ada pertanyaan berkisar dgn dunia anak dan ibu***Mengkutip dari motto milis sehat : Be Smart Parents.

3 comments:

Devi said...

hehe ibu yang baik memperhatikan kesehatan anak2 ya :D

sihotang-family said...

Hi Mba. thanks for the info. syukurnya sehh dalam 2 hari ini pola makan Jeremy udah mulai normal lagi. waktu kita periksa kemaren ternyata gusi nya bengkak karena gigi bawah yang dekat rahang mau tumbuh..mungkin itu satu penyebab dia agak malas ngunyah, pedih kali ya. btw again thanks for the advise, really appreciate it !

bundanya i-an said...

hai mba....aduh thanks sharing info nya... kiky juga lagi males makan neh, sudah banget. beruntung sekali hari ini aku mampir ke sini he..he... Jadi pengen cepet pulang neh untuk mencoba tips dari mba... ok. salam buat junior-junior yah...