Saturday, July 15, 2006

Passport

Mau share nih tentang pembuatan paspor. Ku jadi teringat karena ada teman sekantor yang mau urus paspor. Ini terjadi di kantor imigrasi batam, tidak tahu gimana situasi di kota kota lainnya. Mohon maaf bagi teman2 yg dalam pengurusan passportnya melalui "jalur khusus".
Aku mengurus paspor buat anak anakku, ibu dan bapaku.
Fuih..membosankan dan terkesan mereka mau minta duit. Tapi aku tidak mau. Kujalani prosedur yang ada. Kebayangkan, calo menawarkan paspor utk bayi, 1.2 juta, utk anak 750 ribu, utk org dewas 650 ribu.
Ternyata, aku cuma mengeluarkan duit 230 ribu per passport.
Dan satu hal yang tidak akan terlupakan olehku, petugas2 imigrasi yang terkesan sekali memaksa dan mempersulit berkas berkas yang kami sodorkan. Dan aku hapal betul dengan petugasnya dan mengingat nama2 mereka. (kesel banget sih lihat tingkah mereka)
Maklum saat pengurusan itu aku memboyong seluruh keluarga dalam pengurusan passport. Blio kira aku umpan yg empuk. Ternyata dia salah duga. Puihhhhh..menyebalkan.
Dan mereka semakin mempersulit, karena mereka mengenal suamiku-my jo' dan diriku.
Suamiku seorang tour guide yg bernaung dibawah payung hpi-batam. Suamiku sudah sering berhadapan dgn org2 imigrasi dan suamiku type orang yg benci 'uang pelicin'. Dan aku pernah berurusan dgn org2 imigrasi bagian "kitas-merp" utk expat dikantor. Klop sudah.
Tapi bukan eka dan my jo' namanya. Kami tidak bergeming sedikitpun ketika berkas kami dipersulit dan ditanyain macem macem.
Berikut ini daftar "hal2 yg dipersulit mereka" :
  1. pada saat pengurusan, karena pasporku sdh expire, jdi utk pembuatan paspor anak bisa diganti dgn melampirkan paspor bapaknya. Nah, mereka minta keterangan diatas materai 6ribu utk tiap anak, menyatakan kalo anak2ku (brigitt-gabie) adalah anak kandung kami. (glek..busyet deh, padahal buah hatiku, sudah mempunyai akte lahir dan akte nikah ibu-bapanya ada, lengkap).
  2. diatas materai 6ribu juga utk pemenggalan nama diatas paspor. (setelah passpor selesai ternyata tidak ada satupun nama kami yg dipenggal, semuanya lengkap. dasar..kurang kerjaan tuh..kelihatan banget mau "minta")
  3. nama ibu-bapaku, diminta materai 6 ribu utk menyeragamkan nama sesuai dgn ijasah terakhir yg mereka miliki. (dipasspor ternyata sesuai ktp-busyettttttttttt).
  4. pengambilan nomer antri berkesan "tertib", pfuih..ternyata bohong. Yg jaga nomer antri adalah seorang janitor alias cleaning servicenya mereka.
  5. giliran mau foto, ambil nomer antri lagi, dan yg calo2 didahulukan...gilaaaaaaaaa..
  6. giliran mau wawancara juga begitu.....

Oh, Indonesiaku... samapai kapan bisa terlepas dari pungli dan calo????

Kusempat memperhatikan beberapa warga keturunan yg pakai calo dan org2 berduit. Mereka hanya datang, foto dan tinggal wawancara saja..busyet...dah..Kalo begini caranya Indonesia susah tertibnya. Masyarakat kita aja masih byk yg mau pakai calo utk beberapa urusan.

6 comments:

uut, said...

duh indonesiaaa kuwwww dari zaman batu ampe skrg tetap ajaaaaaa.

and salam kenal mbak sesaama yg dari batam juga nih *smile*

Anonymous said...

Weww..lupa nih waktu itu mo komen apa... Oh iya, seandainya semua orang seperti Eka, gak mau di'kerjain' sama bapak2 itu, pasti mereka (maksudnya bapak2 :p) gigit jari tuh. Sayangnya, kita2 juga yg kadang manjain mereka yah...termasuk sayah..hihihi ;)

Sihotang's Family said...

ya begitulah mba.. kayaknya emang udah jadi budaya kali ya:P jangankan ngurus passport 'mo urus ktp ajah ke kelurahan prosedurnya udah ribet banget.. tanpa tedeng aling2 malah mereka langsung nawarin mo urus sendiri apa mau pake jasa mereka, berasa banget klu mereka ga kepengen kita pakai jalur normal. ampun 'dah..

** eh iya salam kenal ya sesama penghuni batam:P **

Merlyna said...

emang nih budaya birokrasi hitam ini harus diperangi. setuju & salut sama kak Eka! jangan mau dikerjain sama mrk.. btw, saya "dikategorikan" WNI keturunan (long story kenapa bisa gini, padahal saya Indonesia banget) dan saya pingin jalur resmi... eh dipersulitnya setengah mati, sampe nama di passport saya diganti2 segala. anyway, untuk passport terakhir bikin di kedutaan Indonesia di Belanda yang sama sekali ngga macem2 (cuma lelet doang).

oh ya, salam kenal, saya terdampar ke sini gara2 menelusuri lewat blog-nya Devi.

Anonymous said...

dear mer,
salam kenal juga ya. tq sdh mampir di blogku.

Anonymous said...

Aduh aduh stuju deh, serba susah ngurus kalo ngga ada ini itunya, apalagi saya sbg warga keturunan terkadang bener2 dikerjain. jadi serba salah pengennya ikut aturan dipentokin sini sana, pake calo males juga, wah kayak ngga ada solusi. Inceran mereka kalo ngga ada plicinnya, pengalaman saya mrk akan nyusahin aja mulai dari minta surat ganti nama dan surat warganegara, yg diminta tuh bukan surat saya atau orang tua saya krn kami semuanya ber KTP indonesia, ujung2nya diminta surat kekek bahkan sampe kakek buyut, aduh masa sampe 7 turunan udah ber KTP indonesia semuanya harus dibawa2, gunanya apa KTP indonesia kalo masih mesti bawa2 surat kekek dari 7 turunan, aneh aneh.