Tuesday, August 01, 2006

# Tips-Pilek #

Saya punya beberapa tips yang pernah saya lakukan kepada anak saya. Jadi memperkecil kunjungan ke dsa dan memperkecil pengeluaran juga kan.. he3x...
Bila Pilek, anakku saya pijat dengan minyak berambang (minyak mkn dicampur b.merah) dan diubun ubun saya beri juga. Tetap dimandikan, mkn seperti biasa. Bila malam hari, kebetulan di kmr kita pki AC, saya beri penguapan minyak kayu putih (minyak kayu pth satu sendok mkn dicampur dengan air panas kira2 450 cc dan ditaruh disdt kamar, sehingga aroma kamar menjadi sedap, wangi minyak kayu putih). Tips ini menghindari anak pilek dgn kondisi hidung mampet. Juga bs dilakukan bila dikamar pakai kipas angin.Posisikan anak dengan tidur dimana kepala lebih tinggi dari badan, bila mampet hidungnya.
Bila masih bayi, jangan terlalu sering disedot hidungnya bila perlu hindari. Utk mengeluarkan ingusnya, taruh kain hangat disekitar lubang hidung, ingusnya pasti keluar dan dielap. Bila ingus keluarnya mkn byk dan kental bukan berarti sianak terkena pilek berat. Pendapat itu salah. Justru dengan keluarnya ingus yg banyak, terkadang kental bahkan berwarna kehijauan, membuktikan mekanisme tubuh membuang semua kotoran/ virus melalui hidung. Jangan pernah memberi anak dgn obat ANTIBIOTIK.
Ingat tidak ada obat untuk pilek. Dan ANTIBIOTIK bukanlah obat utk membunuh penyakit yg disebabkan oleh virus. ANTIBIOTIK obat yg dipakai utk membunuh penyakit yg disebabkan oleh bakteri.
Pilek penyebabnya bukan bakteri, tidak perlu AB (antibiotik). Pilek disebabkan oleh virus. Jdi mengapa hrs kedsa? selagi anaknya aktif dan mau mkn no problem. Beri byk minum. Jus atau sari buah. Pilek tidak mempunyai pantangan. Pernah ada yg bilang keaku, kog anaknya pilek dikasi berenang dan malah mkn ice cream lagi? Aku hy tersenyum. Ice cream memang dingin, tapi begitu masuk mulut dan kepencernaan dia tdk dingin lagi. Berenang? kenapa jadi larangan? selagi kondisi anak tidak demam, it's ok. Malah anakku setelah berenang (kami hobby berenang kepantai) pileknya berhenti, he3x..
Anak tidak boleh mandi hujan? Nanti pilek ! Sapa bilang?
Anakku minggu kemaren sekitar jam 2 siang, begitu batam diguyur hujan lebat, kami mandi hujan bareng didepan rumah (bkn anakku yg bayi ya, yg plg besar yg berumur 2 thn 10 bulan) dan ini suka kami lakukan bersama bila hujan lebat. Kami berhujan ria didepan rumah, bareng bapanya, hbs itu mandi biasa dan anakku tidak pilek, tdk juga aku dan suamiku. Anak hrs dibiasakan kebal dengan alam, biar py antibody sendiri. Anak jgn terlalu dimanjakan dan jgn terlalu diprotect dari lingkungan.
Anak tidak boleh makan yg dingin2 yg dari lemari es, nanti gampang pilek, sapa bilang?
Anakku sdh saya ajari mkn jus buah dan puding buah dingin dari berumur 1,5 thn. Tidak apa2. Tidak pernah pilek. Toh dingin itu hy rasa dimulut, sampai dipencernaan mana dingin lagi.

No comments: