Tuesday, August 01, 2006

# Tips Bila Anak Sakit Perut #

Bila anakku sakit perut alias mencret, aku tdk buru2 membawanya kedsa, selagi beolnya tdk berdarah dan berwarna keputihan.
Putri kami yg pertama sering mencret. He3x..beda dgn siadek. Adek lbh kuat..(maklumlah pengaruh ASI nih-ini logikaku yg berkata loh..) Kakak tdk mendapat ASI exklusif, tpi adek dpt dan sampai skrg asi. Maklum dulu itu aku BEGO !!! DAN MENYESAL !!!
Bila putri ku mencret, tetap kuberi mkn spt biasa, dan pemberian oralit yg teratur. Pemberian susu tetap spt biasa. Justru kalo anak mencret perlu cairan kan, perlu mkn kan? Bila dia tdk mau mkn, tdk mau minum, cuma mau susu..gimana hayo? tdk apa2x....percayalah. Susu bukan pencetus anak mencret berat. Justru dgn anak mencret, mekanisme tbh bekerja membuang racun dlm tbh lewat mencret. Bila berbau, jangan panik. Bau itu berasal dari pola mkn anak yg dia konsumsi. Buah? Tdk ada pantangan mencret dilarang mkn buah.
Bila anakku mencret, aku suka beri pisang barangan (pisang medan), ini aku sugesti sendiri keanakku, spy mencretnya berhenti, eh,,berhenti.
PERLU DIKETAHUI, bila anak beolnya lebih dari 6x sehari, perlu diwaspadai dan dicurigai, apakah diare?mencret? atau muntaber? bila disertai muntah. Bila dibawah 6x, itu biasa. Malah aku punya cerita menarik, putri keduaku, sewakt umur 3 bln, pupnya suka 5 hari sekali dan bahkan sampai seminggu, aku tdk khawatir dan panik. MENGAPA? aku tdk kedsa atau kemana aja, krn logikaku bekerja, dia cuma minum ASI, pertumbuhan normal, motorik kasar dan halusnya normal, yah..ok-lah, tdk perlu khawatir.
Ada tips bgs dr dok.wati dan bbrp dsa, mmg blm diresepkan kesetiap anak loh dan blm ada literatur yg membenarkannya, cuma ini semua berpulang kepada LOGIKA. Anakku dan anggota keluargaku, bila mencret, aku suka beri pocarisweat..nah..HERAN KAN????KENAPA???
Logika ya, minuman tsbt kandungannya hampir sama dgn oralit walau tdk 100% sama ya? DICATAT. he3x...
Utk anakkku (sewkt umur 14 bln) aku beri perbandingan 1:2. Artinya pocarinya 10cc, air pth 20cc, habis kedua putriku paling susah diberi obat. Tergantung kita ya, percaya dan sugesti serta logika hrs jln bila menghadapi anak sakit. Dan perlu diingat ya, TIAP ANAK BERBEDA.
Dan hingga sekarang bila sikakak mencret dikit, dia sdh buru2 kelemari es, minta pocari. he3x...
Nah, bila anak mencret, diare, TIDAK PERLU ANTIBIOTIKA . Penyebabnya virus, bkn bakteri. Bila mencret, beri byk minum, baik itu jus, atau sari buah, spy tdk dehidrasi.

1 comment:

Devi Girsang, MD said...

setau saya, pocari sweat memang baik utk pengganti cairan tubuh yg hilang. utk kasus diare/muntaber, memang bukan krn anak tidak cocok dgn susu, krn klo memang anak tidak cocok, ia akan muntah, bukannya diare. dan utk antibiotik, iya, memang tidak perlu. wah2 penjelasannya sudah mantap bener nih hehehe